Senin, 10 November 2008

THE BIG FAMILY OF KENTINGAN

Keluarga memiliki makna universal jika diartikan. Keluarga bisa berarti kumpulan orang yang disatukan oleh hubungan darah, keluarga juga berarti institusi atau lembaga yang kita ikut didalamnya, ikut berproses didalamnya dan telah memberikan pengalaman dan ilmu yang banyak kepada kita.

LPM Kentingan, sebuah lembaga atau organisasi yang bergerak dibidang jurnalistik. Lembaga ini muncul akibat adanya dorongan dari mahasiswa akan perlunya institusi yang mau menampung seluruh aspirasi mahasiswa dan merupakan tempat untuk mengkritisi kebijakan rektorat. Dapat di kata umur Kentingan masih remaja, baru menginjak 14 tahun. Namun kiprahnya dalam dunia jurnalistik sudah banyak. Dari mulai menyelenggarakan diklat jurnalistik, seminar-seminar, penggalangan dana untuk bencana, mengirimkan delegasi mengikuti diklat tingkat lanjut, sampai para alumninya sekarang telah menjadi wartawan sesungguhnya. Tidak hanya itu demi mengusung perubahan Kentingan pernah di bredel pihak rektorat, sehingga harus vakum untuk beberapa waktu.

Semua hal tersebut tidak menyurutkan para penggiat Kentingan untuk meneruskan perjuangan yang telah dicitakan para pendiri Kentingan. Saya berada di lembaga ini belum terlalu lama, kira-kira 3 tahun. Meskipun saya belum mengetahui semua yang ada di Kentingan, namun saya sudah sedikit banyak mengerti apa yang diinginkan oleh kentingan didunia kampus dan didunia umum. Saya dahulu ketika masuk Kentingan belum terpikir tujuan saya apa, mengapa saya masuk dan untuk apa saya repot-repot ikut organisasi. Saya hanya berpikir senang-senang saja di Kentingan.

Seiring bergulirnya waktu, dan semakin bertambahnya umur, saya jadi sadar kuliah itu tidak hanya sekedar belajar di ruang kuliah, mendengarkan dosen, mengerjakan tugas dan ikut ujian. Lebih dari itu, kita harus mendapatkan ilmu dan pengalaman yang banyak dan akan berguna bagi kita dikemudian hari. Salah satunya ikut organisasi. Dengan berorganisasi tidak hanya mendapatkam pengalaman, namun kita juga akan mendapatkan banyak teman dengan bermacam latar belakang yang berbeda.

Itulah yang saya dapatkan di LPM Kentingan. Saya sudah menganggap Kentingan merupakan keluarga saya, walau peringkatnya kesekian. Saya sekarang jadi berpikir jika kita ingin ikut organisasi, pikiran pertama yang harus ada dalam benak kita adalah sebelum organisasi memberikan ilmu dan pengalaman kepada kita, apa yang seharusnya kita berikan terlebih dahulu kepada organisasi. Jika itu sudah termain set di otak kita, maka kita akan mengganggap organisasi adalah keluarga bagi kita.

Ibarat kata, jika Kentingan sedang sedih, saya juga akan ikut sedih. Begitu juga jika Kentingan sedang bahagia saya juga akan merasa bahagia. Itulah makna sesungguhnya dalam keluarga. Kentingan merupakan keluarga besar bagi saya. Sudah banyak suka duka yang saya alami. Kentingan tiada akan pernah saya lupakan dalam hidup, sebab telah memberikan saya banyak ilmu dan pengalaman yang berharga. Sebentar lagi saya akan meninggalkanmu, semoga engkau tiada pernah bosan untuk mengingatku sampai kapanpun. Engkau telah menjadi tempat perlindungan bagi ku, dikala aku sedih, dikala aku senang, dilkala aku sedang marah maupun tertawa.

Ketika tiada lagi yang perduli padamu aku akan tetap perduli, bahkan jika semua orang telah membenci dan acuh terhadap mu, jangan khawatir aku akan tetap menjaga dan merawatmu.

Tidak ada komentar: